Andi Analta, kakak angkat dari Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan tentang koridor islam. Dirinya menyampaikan bahwa untuk  mengetahui koridor islam ada dimana, mengenai hal tersebut, ia menjelaskan bahwa islam terdiri dari lima cakupan,  pertama masalah iman yakni niat, kedua ubudiyah, ketiga masyarakat dan yang keempat adalah muamalah, kelima akhlak.

Untuk penjabarannya, Andi menjelaskan, yang pertama mengenai masalah iman yakni niat,  menurut islam adalah itu mengisbatkan Allah SWT dengan kalimat tauhid bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, jika di pancasila ada ketuhanan yang maha esa.

Lanjutnya, menurut islam kepemimpinan Nabi Muhammad dengan arti seluas-luasnya,”Jangan kepemimpinan diartisempitkan sehingga makna kalimat tauhid, pemimpin aqidah adalah Rasulullah SWT, “ jelas Andi.

Kedua, ubudiyah masalah ibadah mulai daripada solat puasa zakat haji, “Ini adalah koridor ibadah dan kalau kita bicara kepemimpinan dalam ibadah itu adalah ada sesuai keadaan siapa yang ditunjuk pada saat itu sesuai musyawarah, didalam masyarakat adalah hubungan sesama manusia, “  imbuhnya.

Dengan demikian, sebagai hidup bernegara ada konstitusi didalam masyarakat, ini tidak ada ketentuan harus beragama tertentu. Pada lintas agama, menurutnya, siapa saja warga Negara Indonesia mempunyai hak yang sama apalagi dalam segi hukum , “Bahkan Presiden pun tidak di khususkan, semua sama. Walaupun beliau mempunyai hak privilege  namun tidak ada yang khusus, dimata hukum adalah sama,apalagi ulama dia bukan bebas dari hukuman dia bebas sebebasnya melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar norma agama lalu terus dia bebas dari hukuman tidak ada itu, “ tutupnya.