Shandra Woworuntu, Anggota Dewan Penasehat Pemberdayaan Korban Penyintas Perdagangan Manusia Gedung Putih, Amerika Serikat mengimbau kepada pemerintah Indonesia dibawah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar pelaku kejahatan human trafficking diberikan hukuma.  Kepada korban  diberikan bantuan serta  santunan. Karena selain melakukan kejahatan kepada Endang, sang pelaku  pun kabur.

“Paling tidak pihak kedutaan bisa membantu untuk mencari, sebab jika beliau masih WNI tentunya ada data-datanya, dan bagi korban, janganlah dia di cemooh, tetapi kita bantu supaya korban Endang ini bisa integrasi hidup di dalam masyarakat  tanpa penghakiman  dan tanpa penghinaan, “tutur Shandra.

Pemerintah harus punya regulasi atau aturan hukum mengenai kasus tersebut. Karena pemerintah Amerika membantu mengatasi masalah hukum terhadap kasus perdagangan manusia. “Sangatlah penting jika negara asal memiliki deregulasi atau hukum penanganan terhadap kasus-kasus seperti yang menimpa Endang,” pungkas Shandra. (Kabari1008/foto : ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here