Perdagangan manusia atau biasa dikenal  dengan sebutan human trafficking. Adalah pelanggaran untuk hak asasi manusia. Dengan kata lain perdagangan manusia merupakan kriminal dengan jalan pemaksaan, penipuan juga ancaman.

Di setiap negara pasti memiliki aturan hukum yang menangani kasus tersebut. Di Amerika Serikat dikenal  dengan nama  Trafficking Victims Protection Act (TVPA)  yakni  hukum mengenai perdagangan manusia.

Dijelaskan Shandra Woworuntu, Anggota Dewan Penasehat Pemberdayaan Korban Penyintas Perdagangan Manusia Gedung Putih, kasus sex trafficking  dimana anak-anak dibawah usia 18 tahun yang terlibat dengan bisnis seks dianggap menjadi korban. Karena gadis belia tersebut  belum  sah secara hukum untuk melakukan hal tersebut.

“Untuk usia di atas 18 tahun, dibutuhkan penyelidikan apakah ada elemen pemaksaan, penipuan dan ancaman. Selain itu, penyelidikan tersebut juga dilakukan bagi pekerja. Misalnya yang bekerja sebagai pelayan rumah tangga, bekerja di hotel, bekerja di kontruksi ataupun di rumah sakit dan salon kecantikan, karena bisa saja terjadi kasus perdagangan manusia, “ tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here