Frans Tshai seorang aktivis yang memiliki pengalaman politik di era tahun empat puluhan tak lepas dari  perkembangan sejarah Indonesia. Semangat perjuangannya masih melekat pada diri pria yang usianya sudah paruh baya.

Diceritakan oleh Frans, pada tahun 1964, ia pernah bertemu orang penting dalam rombongan Presiden pertama Soekarno, ketika bung Karno hendak berobat ke Wina, Austria.

“Pada tahun 1964, rombongan bung karno waktu itu berobat ke Wina Austria mencarter pesawat PEN American Airlines, penerbangan dari penang international airport, kemudian singgah di Jenewa Swiss, pada saat itu saya adalah sekretaris PPI Swiss salah satu lima orang mahasiswa yang diminta oleh kedubes untuk membantu rombongannya bung karno, “ Cerita Frans kepada Kabari.

Hal tersebut merupakan kejadian yang tak bisa dilupakan, lebih lanjut Frans menambahkan, “ Suatu pagi saya diminta untuk mengantar dua bapak-bapak yang keluar dari rombongan hendak naik taxi, karena mereka mau pergi ke paris, saya harus mengantar mereka ke bandara Cointrin di Jenewa, “ imbuhnya.

Namun, sejak pertanyaan yang dilontarkan oleh kedua orang tersebut, membuat Frans tak mudah melupakannya, saat itu mereka (dua orang rombongan Soekarno ) bertanya apa yang kami lakukan, jawaban kami sedang sekolah, setelah pertemuan itu, mereka berpesan “ Bersekolahlah yang baik, bangunlah kembali negara tercinta kita, karena generasi kami sudah bobrok “ begitulah bunyi kutipan nasehat mereka.

Begitu terkejutnya ketika mengetahui siapa kedua orang tersebut, mereka adalah seorang arsitek yang membangun masjid Istiqlal yang dikenal dengan nama Frederich Silaban, dan satunya lagi adalah Jenderal Natakusuma.

“Pesan ini tidak akan pernah saya lupakan karena itu menanamkan sesuatu ke dalam diri saya, berarti saya memiliki tugas untuk ikut berjuang untuk mensejahterakan bangsa dan rakyat Indonesia, “ pungkasnya.

Sejak mengalami peristiwa sejarah tersebut, Frans Tshai kembali ke tanah air dan akhirnya memulai terjun ke ranah politik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here